Cara dan Prosedur Data Skripsi Tentang Pajak

Sebenarnya saya bukan orang yang canggih apalagi ahli dalam ilmu ini. Hanya ingin berbagi saja pengalaman saya untuk skripsi saya. Gini temans ceritanya, sejak beberapa bulan lalu memang saya sedang mengambil mata kuliah skripsi. Sebenarnya, kalau ditelatenin benar-benar, tidak ada yang sulit dengan yang namanya skripsi. Asal si empunya mau belajar membaca, berjuang, dan berusaha. *halagh

Intinya saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada teman-teman yang barangkali sebagian pembaca blog saya ini masih dalam tahap kuliah dan berencana untuk mengambil skripsi tentang pajak. Dan list dari tulisan ini adalah saya ambil dari twitter saya @ndueisndue. Dan ini hanya sebatas saya bercerita sampai dengan persiapan seminar proposal, mungkin kalau ada yang menanyakan kelanjutannya saya akan update selanjutnya yah, temans. (ini sok ngartis banget) =))

Dan ini kutipannya yah, temans. Silahkan disimak 😉

 

  • Well, guys. Maaf ya kalau TLnya terkesan banyak cerita dari saya bukan kultwit tapi. *halagh mbulet. Wis langsung aja wis.
  • Jadi boleh kan ya@PajakMania ane cerita sedikit tentang prosedur yang ane rasain. Nanti, barangkali bisa saling berbagi pengalaman. 🙂
  • Gini, saya akhirnya sampai juga di tahap akhir belajar di perguruan tinggi yang nantinya bergelar s1. Insya Allah. :))#skripsipajak
  • Jurusan saya ekonomi dengan jurusan akuntansi. Karena luas, jadi saya tetapkan adalah pajak untuk judul skripsi saya.#skripsipajak
  • Awalnya rada gak yakin. Tp berkali-kali saya baca chipstory dari@PajakMania tentang SE dan prosedurnya maka saya jawab bisa. #skripsipajak
  • Memilih skripsi di akhir tahun begini itu rasanya kayak gimana gitu ya. Setiap KPP pasti sibuk dengan urusan yang lain. But i keep trying.
  • Enden, setelah berkali-kali minta surat penelitian dari kampus. Dan nyebar dimana bisa KPP di teliti. Finally i got it. :’)#skripsipajak
  • Jadi gimana prosedurnya? Okeh begini temans :1. Harus ditentuin dulu mau judulnya apa? Pajak juga luas. Di khususin lagi ya.#skripsipajak
  • Bisa itu kepatuhan, pemeriksaan, efilling, dropbox, apapun itu. Di khususin dulu. Jadi tahu metode datanya apa ya.#skripsipajak
  • Cari jurnal penelitian yang sebanyak-banyaknya untuk menentukan variabelnya. :)) harus bisa. Pasti ada kok. Banyak.#skripsipajak
  • Setelah itu. Kalian tahu datanya seperti apa. Kalau perlu minta ke DJP yah kalian harus minta surat pengantar dari kampus.#skripsipajak
  • a. setiap kampus pasti ada. Jangan khawatir, biasanya boleh minta lebih dari satu surat. 🙂 saya berkali-kali malah. Hahaha.#skripsipajak
  • Langsung dateng ke KPP tempat penelitian mau dilakukan. Biasanya bertemu dengan sub bagian umum.#skripsipajak
  • Kalau kalian pemalu, hilangkan dulu malunya. :)) banyak-banyakin nanya. Saya berkali-kali nanya supaya gak nyasar.#skripsipajak
  • a. bisa nanya ke pak satpam, atau receptionistnya kalau mau bertemu dgn sub bag.umum mau izin penelitian gitu dll.#skripsipajak
  • Setelah bertemu dengan sub bag. Umum dijelaskan keperluannya apa. Dari kampus mana. Dan maunyaa gimana.#skripsipajak
  • Saya siy gak bilang setiap KPP bs langsung diiyain. Tp namanya usaha. Semakin banyak nyoba, semakin banyak kesempatan bisa.#skripsipajak
  • Biasanya surat pengantar kita ditinggal dulu. Terus nanti dikabarin. Nah, sering-sering telp nanya gimana hasilnya.#skripsipajak
  • Kalau udah dikabarin udah disetujui & udah di ada suratnya untuk minta ke DJP pusat ya langsung diambil yah.#skripsipajak itu step awal.
  • Step awal juga udah sesuatuh banget. Jadi kemarin saya langsung meluncur ke DJP pusat.#skripsipajak
  • Kalo ada yang nanya lokasinya dimana? Samping gedung mandiri dan bkpm. Turun halte bussway gatot subroto lipi.#skripsipakal
  • Terus saya jalan ke gedung utama. Ke receptionist bilang mau ke p2 humas. Taunya saya cm disitu. 🙂 dilantai 16#skripsipajak
  • Nah pas udah di lantai 16. Ketemu satpam dan diantar ke ruangannya. Gedungnya keren banget lho temans. *intermezzo* #skripsipajak
  • Pas ketemu bapaknya ramah bgt sy lupa namanya. terus sy diminta ke lantai 22 kanwil jakarta barat. Krna kppnya di jakbar.#skripsipajak
  • Karena kalo riset s1 minta surat pengantarnya ke kanwil. Jadi surat yang sudah disetujui KPP tadi diserahkan ke kanwil.#skripsipajak
  • Pas di lantai 22 sy langsung bertemu dengan Ibunya. Ibunya baik & ramah banget. Sy suka. terus diminta balik besokny.#skripsipajak
  • Enden saya ditanya. Metode nya apa? Kuisioner apa wawancara? Saya bilang kuisioner. Dan surat pengantarnya bisa dibuatkan.#skripsipajak
  • Dan yak step kedua berhasil. Alhamdulillah. Tinggal step ketiga dapet surat pengantar terus ke KPP lagi deh. Mulai kuisionernya. Yiayy!
  • Ya memang siy kadang suka dibayangin ribet. Makanya jangan dibayangin. Dijalanin walau berat. Pasti bisa.#skripsipajak
  • Dari awal pelajaran metodelogi penelitian, dosennya wanti-wanti saya, datanya bagaimana? Saya jawab Insya Allah bisa.#skripsipajak
  • Jadi sekian dulu ya. Siang ini Insya Allah saya seminar Proposal. Semoga berhasil. Mohon do’anya temans. Nuhun yak.#skripsipajak

 

Jadi sekian kutipannya yah, temans. Atau kalau ada yang punya twitter silahkan cek di favorite saya atau bisa juga berkunjung ke chipstory yang saya buat disini. Dan semoga berguna, yah. Ini pengalaman saya, kalian gimana? Berbagi cerita sama saya yuk! Atau kalau ada yang dipertanyakan silahkan saja, ya! Dan tetap semangaaaat!! Ciayoooooo…

 

Jakarta, 24 Nopember 2014

23.13 WIB

sign

 

11 thoughts on “Cara dan Prosedur Data Skripsi Tentang Pajak

  1. permisi,

    mba, saya mau tanya. perihal postingan mb tentang perizinan di kantor pajak.

    saya sudah coba untuk minta izin di salah satu kpp. tp tidak diacc, alasannya karena akhir tahun sibuk tutup buku.

    apakah dulu mba juga seperti itu?
    kalo sudah masukin surat izin k salah satu kpp, sambil nunggu boleh ga msukin surat izin k kpp yg lain, tp dengan kanwil yg sama.?

    mohon dibalas,,,

    salam

    • Hai Mba Ambar, memang rada susah ketika meminta izin di kala akhir tahun. Alasan tersebut adalah yang sering diberikan kepada peneliti. Jadi tetap berusaha saja, ya!

      Saya dulu juga begitu, Mba. Karena tidak mungkin kan menunggu. Ada baiknya Mba Ambar meminta surat izin penelitian yang banyak sekalian dan disebar kebeberapa KPP. Insya Allah diberikan jalannya. Terlebih lagi apabila Mba Ambar ada rekanan kerja di KPP. itu akan membantu, Mba.

      Sukses selalu yah Mba Ambar. Salam kenal.

      Terima kasih ya sudah mampir ke sini.

      Salam,

      Ndue.

  2. mba, gimana ngasi surat ke langsung beberapa kpp?sdgkan surat perintah nya yg ngeluarin kan djp nya

    lalu kalo surat kita ditolak oleh kpp, apa kita mesti ngajuin proposal lagi ke djp?

  3. hai kak 🙂 , saya mau tanya dulu kk waktunya brpa lama ya utk dpt persetujuan dr kpp nya setelah kk ketemu bag. humas dan nitipin surat pengantar nya ?

    dan mau tanya dulu kk kantor kpp mana ya?

    mohon di balas ya
    terima kasih kak

    salam kenal

  4. Hi kak 🙂 mau tanya proses dr pengajuan surat ke kantor kpp nya brapa lama ya sampai dpt kabar disetujui ?

    Dan kalo boleh tau kk pake kpp mana ya?

    Mohon dibalas ya 🙂
    Terima kasih

    Salam kenal

  5. hai kak
    saat kakak ngajuin penelitian ke KPP, itu sudah di tuntun oleh dosen pembimbing belum ya ?
    lalu kakak ngajuin ijin penelitian ke KPP dulu atau buat proposal skripsi dulu ya ?
    terima kasih kak hehehe
    salam kenal 🙂

    • Hai Yenni, maaf ya baru dibales.
      Pada saat aku mengajukan penelitian ke KPP itu sudah dituntun oleh dosen pembimbing.
      Sudah juga masuk ke Bab 1 sampai bab 3.
      Bahkan aku seminar proposal dulu baru mengajukan kuesioner.
      Tetapi di bab 1 ketika sudah confirm judulnya aku langsung meminta surat izin dari kampus untuk di sebarkan ke KPP.
      Salam kenal ya..
      Kalau ada apa-apa email aku aja ya ke ndueisndue@gmail.com.
      suwun.

Leave a Reply

